Senin, 05 November 2018

Desaku Sekarang Dan Masa Lalu


Desaku dulu dan sekarang, desaku sekarang telah disulap bak kota di tengah sawah, ciri khas tempo dulu nyaris tidak terlihat, pohon-pohon mahuni dan randu yang berbaris rapi kini berganti dengan tiang-tiang listrik, pagar-pagar kayu tanaman yang terbuat dari bambu, di hinggapi banyak capung kini telah berganti dengan pagar besi, capung pun pergi berlari, tanaman-tanaman yang merambat di setiap hamparan belakang rumah kini tandus, hanya bekas-bekas tapak kaki di sana sini, hebatnya gelombang modernisasi menghantam dan menghancurkan desaku, suasana malam nan hening tak lagi nampak, jam 12 malam suara hingar bingar dan suara cekikikan masih terdengar, suara jangkrikpun menyingkir pergi, kodok tak lagi bernyanyi, temaram cahaya obor dan bulan yang dulu terasa indah kini berganti lampu-lampu neon yang menyedot banyak energy.

Dalam modernisasi ini, penduduk desaku makin trendy dan gengsi, bergaya ala-ala TV sangat kontras dengan kehidupan masa lalu, hidup yang sederhana, hidup yang berbudaya, hidup dengan sejuta tata karma, Modernisasi telah meluluhlantahkan tradisi desaku yang berbudi pekerti itu. Orang di desaku lebih suka bermain ponsel ketimbang bermain gobak sodor, orang di desaku lebih suka nongkrong bermain internet ketimbang bercengkrama dengan sodara dan tetangga, Orang di desaku lebih suka makan kentucky ketimbang makan gethuk, orang di desaku lebih suka di panggil sindy ketimbang tumiyem, lebih suka di panggil charly ketimbang paijo. Globalisasi begitu dasyat, sampai-sampai tak meyisakan sedikitpun akar-akar tradisi lama untuk berkembang.

Kemana sungai kecil itu, sungai yang jernih dan berkelok, tempat bermain singgah anak-anak, tempat belajar mengenal berbagai hewan dan tumbuhan, sungaiku sekarang telah kering dan mati, pohon jati dan bambu telah habis berganti rumah-rumah beton, burung-burung dan binatang lain pun pergi mengundurkan diri. Kemana pohon cemara yang tinggi nan menjulang itu, tempatnya anak-anak beristirahat dan bermain di kala siang, kini telah berganti dengan patung selamat datang. Modernisasi sekali lagi, menghancurkan kenangan kecilku dimasa lalu.
logoblog

Tidak ada komentar: