Minggu, 22 April 2018

Pemasangan Plang Hutan Desa

Pagi ini kami (Bayut, Piter, Hengky, Julius, Tinus) berkumpul di tempat Mas Julius Kiring (Bendahara LPHD Batoq Kelo) untuk persiapan pemasangan Plang Hutan Desa. Target adalah pemasangan di sungai benturak kurang lebih berjarak 14 Km dari Desa Batoq Kelo Ulu. Kami mempersiapkan dengan matang apa saja yang dibutuhkan, kami mengikat papan papan dan juga tiang balok di motor dengan kuat, linggis, kuas, paku, cat, parang, tali kami siapkan setelah semua beres kami pun berangkat.

Perjalanan mula mula biasa saja meskipun jalanan agak basah karena hujan semalam tetapi ketika sampai di Sungai Halang tiba tiba hujan turun lagi kami pun was was dan ragu tidak berani melanjutkan perjalanan tetapi tim memberikan saran untuk tetap maju dan melanjutkan bilapun nanti makin deras dan tidak bisa maka kami berencana kembali meneruskan perjalanan esok hari, akhirnya kami pun tetap lanjut ternyata ini keputusan terbaik makin ke ulu (atas) cuaca makin bagus hanya saja medan sangat lah berat, beberapa kali harus mendorong motor, ban masuk ke dalam lumpur, motor terjebak di sungai yang berjembatan kayu, rantai terlepas serta melewati tanah kuning lembab dan licin, saya bangga kepada temen temen yang membawa papan dan balok mereka sangat sabar dan semangatnya luar biasa, setelah berjam jam di perjalanan akhirnya kami pun sampai di titik lokasi yaitu sungai benturak.

Kamipun melepas lelah untuk ber istirahat terlebih dahulu setelah di rasa cukup kami mulai bekerja memasang plang hutan desa, lokasi yang kami pilih berjarak ± 20 meter dari bibir sungai dengan pertimbangan agar plang tersebut tidak terendam air ketika sungai benturak meluap. Untuk mempercepat waktu biar tidak kemalaman kamipun mulai menggali, mendirikan tiang untuk selanjutnya memasang plang hutan desa setelah selesai kamipun melanjutkan perjalanan kembali pulang
logoblog

Tidak ada komentar: