Minggu, 01 April 2018

Menangkal Hoax Dengan Seni


Masyarakat jawa tersebar di banyak wilayah salah satunya di wilayah luar jawa yaitu Malinau Kalimantan Utara, banyak dari mereka yang sudah menetap dan menjadi bagian dari warga Malinau, baru baru ini Taruno Mudho Bayangkara menggelar Seni Kuda Lumping Campur Sari Turonggo dalam rangka mendukung pemberantasan Hoax ujaran kebencian dan Isu SARA.


Kegiatan ini bertempat di Desa Malinau Hilir, Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau. Dari sore masyarakat sudah berbondong bondong menyaksikan pagelaran seni budaya jawa. Pantas memang kalu pagelaran seni ini bertujuan menangkal isu isu negatif berita hoax karena disini seluruh elemen masyarakat tumpah ruah tidak mengenal ras, suku dan agama, mereka menyatu dalam pagelaran seni Kuda Lumping, Kuda lumping sering kali dikaitkan dengan makhluk halus dalam atraksi atraksi supranatural dan berbau magis, Contohnya makan kaca, makan rumput, berjalan diatas pecahan beling, sampai menari dalam keadaan kesurupan.

Meskipun dalam pagelaran seni budaya ini menampilkan tarian magic yang tidak ada hubungan nya dengan penyebaran hoax ujaran kebencian akan tetapi pesan tersirat bisa dirasakan dimana masyarakat yang hadir saling menghargai perbedaan membaur dalam satu komunitas secara utuh tidak ada pembeda beda.
 
logoblog

Tidak ada komentar: