Jumat, 24 Mei 2019

Pemilu 2019 di Pelosok Desa Long Jalan

Pada pemilu tahun 2019 masyarakat masyarakat di Indonesia salah satunya di Desa Long Jalan tidak hanya diharuskan mencoblos pasangan calon presiden dan wakil presiden (Kotak Putih) namun harus juga memilih DPRD Kabupaten, DPRD Provensi, DPR RI, DPD RI. Pasangan calon presiden dan wakil presiden ditandai dengan Kotak Putih, DPRD Kabupaten Kotak Hijau, DPRD Provensi Kotak Biru, DPR RI Kotak Kuning dan DPD RI Kotak Merah. 


Di Kalimantan Utara ada 15 Kecamatan yang mengadakan pemungutan suara, kecamatan tersebut yaitu: Mentarang, Malinau Kota, Pujungan, Kayan Hilir, Kayan Hulu, Malinau Selatan, Malinau Utara, Malinau Barat, Sungai Boh, Kayan Selatan, Bahau Hulu, Mentarang Hulu, Malinau Selatan Hilir, Malinau Selatan Hulu dan Sungai Tubu. Untuk Malinau Selatan Hulu terdapat 8 Desa yang berkompetisi untuk memenangkan pasangan calon presiden, DPRD Kab, DPRD Prov, DPR RI dan juga DPD, Desa-desa tersebut yaitu: Metut, Long Jalan, Long Lake, Naha Kramu, Punan Mirau, Tanjung Nanga, Long Rat dan Halanga, total TPS keseluruhan berjumlah 11 TPS dengan jumlah pemilih Perempuan 688 dan Laki-laki 797 Total Pemilih di Malinau Selatan Hulu berjumlah = 1.485 jiwa. 

Di Desa Long Jalan pada Pemilu 2019 ini yang terdaftar sebagai Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 141 Pemilih, Daftar Pemilih Tambahan (DPTB) 3 Orang dan Spare 2% dari DPT sebanyak 3 Pemilih dengan Total Surat Suara yang dikirim dari pusat berjumlah 141 + 3 + 3 = 147 surat suara, Dalam pemilihan suara kali ini dari total DPT 141 pemilih, hanya 93 pemilih yang menggunakan hak suaranya, untuk 48 lainnya tidak dapat memilih karena beberapa sebab, antara lain: Lupa mencoblos, Pergi mengusa, Berpindah tempat di loreh dan tanjung nanga. Ada daftar tambahan berkebutuhan khusus yang tidak terdaftar di DPT namun memiliki KTP atau KK Desa Long Jalan sebanyak 12 Orang, Total Peserta yang mengikuti Pemilu di Desa Long Jalan Berjumlah: 93 (DPT) + (DPTBK) 12 + 3 (DPTB) : 108 Orang.

Dari Hasil Rekap Formulir C1 terlihat untuk Pasangan Jokowi – Amin mengunguli suara Prabowo Sandi. Dari Total 108 suara, 93 Suara (86%) memilih pasangan Jokowi-Amin, 14 Suara (13%) memilih Prabowo-Sandi sementara itu suara tidak sah 1 suara (1%).
logoblog

Tidak ada komentar: