Sabtu, 27 Oktober 2018

Pembangunan Rumah KAT Desa Long Lake


Pembangunan rumah KAT (Komunitas Adat Terpencil) merupakan program dari Kementrian Sosial, rencananya rumah KAT Desa Long Lake di bangun secara bertahap dengan total 73 rumah pada tahap I tahun 2018 dan tambahan 13 rumah tahap ke II pada tahun 2019. Rumah-rumah tersebut di bangun dengan lokasi di atas bukit, saat ini masyarakat sedang bergotong royong di targetkan Rumah KAT selesai pada bulan desember 2018.

Dari jumlah 73 rumah, 53 dibangun oleh kontraktor sedangkan 20 rumah dibangun dengan lokakarya masyarakat desa long lake, menurut info pak jalung (Kaur Pembangunan Desa) proses pembangunan rumah terbagi dalam 2 tahapan dengan tingkat pengerjaan 150 hari atau kurang lebih 5 bulan, tahapan I yaitu menggesek kayu (Agustus s.d September) dimana kayu di dapat dari sekitaran desa long lake dan tahap ke II membangun rumah (Oktober s.d Desember). Rumah-rumah KAT dibangun dengan ukuran 4x6 dan didalamnya terdapat 1 kamar, jarak antara rumah satu dengan rumah lain nya 3 meter sementara jarak belakang rumah adalah 6 meter, saat ini sudah berdiri tiang-tiang rumah sebanyak 40 buah ada yang sudah berbentuk rumah lengkap dengan atap namun sebagian besar masih kerangka yang belum terpasang dinding papan maupun lantainya. Untuk mengerjakan projek tersebut pak yohanes selaku kontraktor membagi tim dalam 2 bagian dan mereka di datangakan dari respen tubu, tim pertama berjumlah 9 orang (8 pekerja dan 1 tukang masak) mereka harus menyelesaikan bangunan rumah sebanyak 30 rumah, sedangkan tim 2 berjumlah 5 orang (4 pekerja dan 1 tukang masak) mereka harus menyelesaikan rumah sebanyak 10 buah.

Untuk membangun rumah KAT pokok pokok kayu yang mereka gunakan bervariasi kayu tersebut antara lain: Kayu Kapur (untuk Balok tiang dan Lantai), Kayu Ulin (Untuk pondasi tiang bawah), Kayu Bengkirai (Untuk Balok tiang dan Lantai), Meranti (Untuk Dinding)

logoblog

2 komentar:

Aditya Harviansyah mengatakan...

oh begitu mas, salam kenal yah

Zona Yuji mengatakan...

Iya... salam kenal juga ya :)