Minggu, 06 Mei 2018

Tahun Baru Bersama Masyarakat Batoq Kelo

Acara Tahun Baru di Batoq Kelo Ulu dipusatkan di dua tempat yang pertama di rumah Mas Julius (gabungan RT. 03 dan RT. 04) dan yang ke dua di tempat Pak Silam. Saya mengikuti acara pergantian tahun baru di tempat mas julius, kami memasang layar dengan media Infocus, sambil menunggu pergantian tahun baru masyarakat batoq kelo berkaraoke bersama, Ibu-ibu sibuk memasak nasi sementara bapak-bapak, kanak-kanak duduk sambil menikmati kopi, malam ini mereka mengadakan acara makan besar bersama adapun menu nya adalah Babi Bakar 1 Ekor, Ayam Bakar 4 Ekor, Ikan Patin 5Kg, demi menghormati antar agama tempat membakar untuk Ayam, Ikan dengan Babi dipisahkan. 

Haripun makin gelap suasana di halaman rumah mas Julius makin meriah mereka berkaraoke sambal berjoget untuk orang orang tua lebih menyukai musik dangdut ala Mansyur S, Rhoma Irama, Panbers. Pance F Pondaaq sementara untuk yang muda-mudi lebih menyukai lagu lagu Malaysia (Memori Berkasih, Gerimis Mengundang, Satu Nama Tetap Dihati, Bila Cinta Di Dusta, Mencari Alasan) itu merupakan lagu lagu yang mereka nyanyikan. Tua muda saling bergantian terkadang bernyanyi bersama ketika musik dangdut di putar joget pun menjadi tontonan dan hiburan, semua berjoget dengan riang. Sambil menunggu yang dibakar matang kami disuguhi kacang rebus hasil dari ladang sungguh ini satu malam tahun baru yang berkesan. 

Musik terus mengalir dan tibapun makan besar bersama, ayam yang dibakar dipotong potong di taruh dalam piring piring, sebagian kecil di buat gulai sementara untuk ikan patin nya disajikan dalam nampan. Selamat Tahun Baru Desa Batoq Kelo, makin indah desanya, makin indah hutan nya, semoga kelak menjadi desa yang maju, mandiri dan menjadi salah satu desa wisata indonesia. Amin.

logoblog

Tidak ada komentar: